URAIAN TUGAS JABATAN

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGELOLAAN OPINI DAN INFORMASIPUBLIK
  2. KODE JABATAN :
  3. ESELON : IV-a
  4. UNIT KERJA : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI NTT
  5. RUMUSAN TUGAS :

MENYIAPKAN BAHAN PERUMUSAN DAN MELAKSANAKAN KEBIJAKAN, MENYUSUN NORMA, STANDAR, PROSEDUR DAN KRITERIA, DAN PEMBERIAN BIMBINGAN TEKNIS DAN SUPERVISI, SERTA PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN BIDANG PENGELOLAAN OPINI DAN ASPIRASI PUBLIK DI LINGKUP PEMERINTAH DAERAH PROVINSI SERTA PENGELOLAAN INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEBIJAKAN NASIONAL DAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI.

6. URAIAN TUGAS:

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pengelolaan Opini dan Informasi Publik berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas.
  2. Membagi tugas kepada bawahan dan menyusun norma, standar, prosedur dan kriteria seksi pengelolaan opini dan informasi publik sesuai dengan peraturan prundang-undangan yang berlaku agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
  3. Menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) berdasarkan RENSTRA Dinas.
  4. Melaksanakan monitoring isu publik di media massa dan media sosial sesuai dengan program kerja yang berlaku untuk mengetahui isu publlik di media massa dan media sosial yang terkini;
  5. Melaksanakan pengumpulan data pendapat umum melalui survei dan jajak pendapat sesuai dengan proram kerja bidang untuk menambah informasi mengenai pendapat umum yang berkembang dimasyarakat dan juga sebagai bahan masukan kedepan ;
  6. Melaksanakan pengolahan data aduan masyarakat sesuai dengan program kerja bidang untuk nantinya di kelola dan diinformasikan kepada atasan untuk ditindaklanjuti;
  7. Melaksanakan Bimtek Pengelolaan Opini Publik sesuai dengan program kerja bidang untuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  8. Merencanakan kegiatan layanan pemantauan informasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Pemda sesuai dengan program kerja bidang agar dapat memantau setiap informasi publik yang berkembang;
  9. Merencanakan kegiatan pengolahan dan analisis data informasi sesuai dengan rencana kegiatan bidang untuk mendukung kegiatan komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan daerah provinsi.
  10. Merencanakan kegiatan sosialisasi perijinan penyelenggaraan pos dan jasa titipan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar dapat mengetahui tentang perijinan penyelenggaraan pos dan jasa titipan;
  11. Membimbing, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan pengelolaan opini dan informasi publik di Provinsi dan Kab/Kota se-NTT sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk dijadikan sebagai bahan masukan kedepanya;
  12. Membimbing bawahan dalam bekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terciptanya aparatur yang handal, profesional dan bermoral;
  13. Membagi tugas dalam melaksanakan koordinasi dan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan instansi dan pihak terkait sesuai dengan kebutuhan kerja untuk mendapatkan masukan tentang pengelolaan opini dan infromasi publik dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  14. Melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk laporan bulanan, triwulan dan tahunan serta laporan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan target kinerja atau hasil kerja untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.