URAIAN TUGAS JABATAN

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN EKOSISTEM E-GOVERNMENT
  2. KODE JABATAN : 
  3. ESELON : IV-A
  4. UNIT KERJA : BIDANG LAYANAN E-GOVERNMENT
  5. RUMUSAN TUGAS :

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN EKOSISTEM E-GOVERNMENT SESUAI KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENYELENGGARAAN TIK SMART PROVINCE, LAYANAN DOMAIN DAN SUB DOMAIN BAGI LEMBAGA, PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI.

6. URAIAN TUGAS :

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pengembangan Ekosistem E-Government berdasarkan langkah-langkah operasional Bidang Layanan E-Government dan hasil evaluasi untuk peningkatan layanan informasi pemerintah daerah dan masyarakat lingkup provinsi;
  2. Merencanakan kegiatan penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria dan petunjuk teknis pengembangan ekosistem e-government sesuai dengan peraturan yang berlaku agar dapat bekerja secara efektif dan efisien;
  3. Melaksanakan layanan pengembangan business process re-engineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintahan (stakeholder smart city) sesuai dengan rencana kerja agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus berkembang;
  4. Melaksanakan layanan sistem informasi smart city dan layanan interaktif pemerintah dan masyarakat sesuai dengan program kerja agar masyarakat memperoleh informasi terkait smart city;
  5. Melaksanakan layanan penyediaan sarana dan prasarana pengendalian smart city, layanan pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara Negara bagi kepentingan kelembagaan, pelayanan publik dan kegiatan pemerintahan sesuai dengan program kerja agar tercapainya tujuan;
  6. Melaksanakan kegiatan penatapan sub domain terhadap domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan layanan pengelolaan domain dan sub domain bagi pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas pokok dan fungsi agar bisa berjalan dengan tertib;
  7. Melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas aparatur dalam pengelolaan domain, pengelolaan portal dan website sesuai dengan program kerja agar pelayanan terus berjalan secara optimal;
  8. Melaksanakan kegiatan pengelolaan portal dan website pemerintah provinsi dan melaksanakan standarisasi konten website SKPD dan pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan aturan yang berlaku agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik;
  9. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pengembangan ekosistem e-government di provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan program kerja agar pengembangan ekosistem e-government bisa berjalan dengan baik;
  10. Membimbing bawahan dalam bekerja agar sesuai dengan peraturan Perudang-undangan yang berlaku agar terciptanya aparatur yang handal, profesional dan bermoral;
  11. Melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk laporan bulanan dan Tahunan Seksi Pengembangan Ekosistem E-government serta laporan tugas kedinasan lainnya sesuai target kinerja atau hasil kinerja untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan secara tertulis maupun lisan sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI TATA KELOLA E-GOVERNMENT
  2. KODE JABATAN :
  3. ESELON : IV-A
  4. UNIT KERJA : BIDANG LAYANAN E-GOVERNMENT
  5. RUMUSAN TUGAS :

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN TATA KELOLA E-GOVERNMENT SESUAI KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENYELENGGARAAN GOVERNMENT CHIEF INORMATION OFFICER (GCIO) SERTA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA TIK PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DI PROVINSI.

6. URAIAN TUGAS :

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Tata Kelola E-Government berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi untuk peningkatan layanan informasi pemerintah daerah dan masyarakat lingkup pemerintah;
  2. Merencanakan kegiatan penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria seksi Tata Kelola e-government sesuai dengan aturan yang berlaku agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien;
  3. Menyusun rencana Induk (master plan) penerapan e-Governement pemerintah provinsi NTT sesuai dengan yang diharapkan;
  4. Melaksanakan layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-government di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT sesuai dengan tugas pokok untuk dijadikan sebagai bahan masukan atasan;
  5. Melaksanakan koordinasi kerjasama lintas pemerintah pusat dan non pemerintah sesuai dengan kebutuhan kerja agar menunjang pekerjaan yang dilakukan;
  6. Melaksanakan layanan integrasi pengelolaan teknologi informasi komunikasi dan e-government pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/Kota ;
  7. Melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang teknologi informasi komunikasi sesuai dengan program kerja bidang untuk meningkatkan ketarampilan aparatur;
  8. Melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-government dan smart city sesuai dengan program kerja untuk meningkatkan partisipasi masyarakat;
  9. Melaksanakan layanan implementasi e-government dan smart city serta promosi pemanfaatan layanan smart city sesuai dengan progam kerja bidang untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. Melakukan pemantauan, evaluasi dan pelaporan, dalam rangka tata kelola e-government di provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan program kerja bidang agar untuk dijadikan sebagai bahan masukan atasan;
  11. Membimbing bawahan agar bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terciptanya aparatur yang handal, profesional dan bermoral;
  12. Melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk laporan bulanan, dan tahunan seksi Tata Kelola e-government serta laporan tugas lainnya sesuai dengan target kinerja atau hasil kerja untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  13. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan fungsinya.

URAIAN TUGAS JABATAN

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN APLIKASI
  2. KODE JABATAN : 
  3. ESELON : IV-A
  4. UNIT KERJA : BIDANG LAYANAN E-GOVERNMENT
  5. RUMUSAN TUGAS :

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN APLIKASI SESUAI KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENYELENGGARAAN GOVERNMENT CHIEF INFORMATION OFFICER (GCIO) SERTA LAYANAN PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN APLIKASI GENERIK, SPESIFIK DAN SUPLEMEN YANG TERINTEGRASI DI PROVINSI.

6. UARAIAN TUGAS :

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pengembangan Aplikasi berdasarkan langkah-langkah operasional Bidang Layanan E-Government dan hasil evaluasi untuk peningkatan layanan informasi pemerintahan daerah dan masyarakat lingkup provinsi;
  2. Merencanakan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) RENSTRA Dinas agar dapat berkerja sesuai dengan target yang telah ditetapkan;
  3. Merencanakan kegiatan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria pengembangan aplikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pekerjaan berjalan sebagaimana mestinya;
  4. Menyelenggarakan layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi sesuai dengan program kerja agar layanan aplikasi pemerintahan dapat terus berkembang;
  5. Melaksanakan layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik sesuai dengan program kerja agar aplikasi kepemerintahan dan publik dapat terus terpelihara;
  6. Melaksanakan bimbingan teknis layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik sesuai dengan program kerja untuk dijadikan sebagai bahan masukan kedepannya;
  7. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik, dan suplemen serta pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi sesuai dengan program kerja agar aplikasi yang ada dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik;
  8. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pengembangan aplikasi di provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan temuan di lapangan untuk djadikan bahan laporan dan masukan dimasa mendatang;
  9. Membimbing bawahan dalam bekerja sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku agar terciptanya aparatur yang handal, profesional dan bermoral;
  10. Membagi tugas, member petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku agar tercapai efektivitas pelaskanaan tugas;
  11. Melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk laporan bulanan dan tahunan Seksi Pengembangan Aplikasi serta laporan tugas lainnya sesuai target kinerja untuk digunakan sebagai bahan masukan atasan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.