SEKILAS SEJARAH

Sejarah Berdirinya Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT :
 
Berdasarkan sidang PPKI tanggal 19 Agustus 1945, maka dibentuklah Kabinet Presidensial (Kabinet RI) dengan 12 Departemen dan 4 Menteri Negara. Dan dari 12 Departemen tersebut salah satunya adalah Departemen Penerangan RI.
 
Departemen Penerangan RI dalam peran dan fungsi “Public service” pada ranah informasi dan komunikasi guna membangun dan menggerakan system akses informasi timbal balik antara Pemerintah dan public dari pusat sampai ke dearah-daerah. Untuk dapat memainkan fungsi-fungsi tersebut di daerah maka dibentuklah sebuah wadah bernama Jawatan Penerangan Daerah Timor pada Tahun 1945 s/d 1961.
 
Dalam Perkembangan selanjutnya guna lebih mengefektifkan fungsi Departemen Penerangan di daerah sebagai juru penerang, maka Jawatan Penerangan daerah Timor berganti nama menjadi “ Jawatan Penerangan Provinsi NTT pada Tahun 1961 s/d 1975.
 
Kemudian pada tahun 1976 Jawatan Penerangan Provinsi NTT merubah nama lagi menjadi Kantor Wilayah Departemen Penerangan Provinsi NTT pada Tahun 1976 s/d 1999 hingga terjadi masa transisi tahun 2001 karena Kanwil Departemen Penerangan RI dibubarkan seiring dengan dilikuidasikannya Departemen Penerangan RI.
 
Pada masa Reformasi dengan tidak lagi dicantumkannya Departemen Penerangan RI dalam Kabinet Persatuan Nasional Periode tahun 1999 s/d 2004 yang diumumkan Presiden RI, maka fungsi Departemen Penerangan RI dilimpahkan kepada Pemerintah Daerah hal ini seiring dengan diberlakukannya UU Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah.
 
Berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 11 Tahun 2000 terbentuklah sejumlah Lembaga Teknis Daerah salah satunya adalah Badan Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) Provinsi NTT dari Tahun 2001 s/d 2008, yang mempunyai tugas “ Membantu GUbernur dalam penyelenggaraan Pemerintahan di bidang Informasi dan Komunikasi dengan demikian fungsi-fungsi Public Service pada ranah Informasi dan Komunikasi di daerah mulai kembali berjalan.
 
Dalam suasana Otonomi Daerah bertepatan dengan diberlakukannya PP Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah kembali mengalami perubahan. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi NTT Nomor 10 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi NTT maka Badan Informasi dan Komunikasi Provinsi NTT berubah nomenklaturnya menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT dari Tahun 2008 s/d 2016. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT mempunyai tugas adalah membantu Gubernur melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah di bidang Komunikasi dan Informatika.
 
Sejalan dengan perubahan Undang-undang Nomor 23 tahun 2016 Tentang Pemerintahan Daerah sebagai pengganti Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004   dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah sebagai pengganti PP Nomro 41 Tahun 2007, nama Dinas Komuniasi dan Informatika Provinsi NTT masih tetap eksis tidak mengalami perubahan nama, bahkan naik dari Tipe B menjadi Tipe A sehingga mengalami perubahan struktur organisasi jabatan pada Bidang dan Seksi.