Ruang pengaduan MeJa Rakyat (Melki Johni Melayani Masyarakat), yang diluncurkan pada 14 Maret 2025 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, telah menerima 131 pengaduan per tanggal 14 April 2025. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Sylvia C. Francis, yang membidangi pelayanan MeJa Rakyat (15/04/2025), saat ditemui di ruang kerjanya, di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Menurut Sylvia, pada periode 14–31 Maret, MeJa Rakyat menerima 103 pengaduan/aspirasi. Dari jumlah tersebut, 100 laporan telah ditindaklanjuti, sedangkan 3 lainnya tidak dapat ditindaklanjuti karena 2 laporan bersifat pribadi, dan 1 berstatus data tidak lengkap.
Pada periode 1–14 April, MeJa Rakyat menerima 28 pengaduan/aspirasi, dengan 20 telah selesai ditindaklanjuti, 5 masih berproses di Perangkat Daerah, 1 sedang melengkapi data dukung, dan 2 merupakan laporan yang tidak lengkap data/informasi tambahan yang dibutuhkan.
Saat peluncurannya, Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, menekankan bahwa MeJa Rakyat merupakan bagian dari komitmen untuk membangun pemerintahan yang transparan dan responsif. MeJa Rakyat merupakan platform yang jadi wadah bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan. MeJa Rakyat berfungsi sebagai forum diskusi baik offline maupun online.

“Melalui MeJa Rakyat ini kami pastikan bahwa akan ada banyak respons cepat yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi (NTT), tentu dengan juga bersama semua yang terkait, baik itu instansi vertikal, Forkopimda, dan banyak lagi yang lain, maupun teman-teman di tingkat II se-NTT,” ujar Gubernur Melki saat peluncuran MeJa Rakyat di lantai dasar Kantor Gubernur NTT pada 14 Maret 2025 lalu.
Melki meyakini bahwa pemerintahan yang baik bukan hanya tentang kebijakan yang dirumuskan di kantor-kantor pemerintahan, tetapi juga bagaimana suara rakyat didengar, ditindaklanjuti secara cepat dan tepat, pada waktunya.
Pengaduan melalui MeJa Rakyat dapat disampaikan melalui dua cara. Pertama, warga bisa datang langsung ke Ruang Pengaduan MeJa Rakyat di lantai dasar Kantor Gubernur NTT, setiap hari kerja, pukul 09.00 s.d. pukul 15.00 WITA. Kedua, warga bisa menghubungi kedua nomor admin WhatsApp, 081138319989 dan 081138319988, untuk menyampaikan pengaduan.
Video peluncuran MeJa Rakyat oleh Gubernur NTT bisa disaksikan melalui kanal YouTube Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT.
Penulis: Mario F. Lawi
Penyunting: Sylvia C. Francis