Tim Sales dan Retail Perusahaan Listrik Negara ULP Kupang yang dipimpin oleh Team Manager Adi Umar memberikan sosialisasi aplikasi “PLN Mobile” kepada para ASN Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT di Aula Palapa, Diskominfo Provinsi NTT (05/07/24). Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT Lusia F. Tiwe.
Dalam sambutannya, Sekretaris Diskominfo Provinsi NTT mengharapkan Dinas Kominfo menjadi teladan di bidang TIK.
“Paling tidak, kita harus berada di garda terdepan dalam membuat hidup lebih efisien dan hemat, tidak perlu ke sana kemari, dan aktif memanfaatkan aplikasi TIK yang ada seperti PLN Mobile,” ujarnya.
Lusia mengharapkan, sosialisasi aplikasi PLN Mobile mampu menjawab pertanyaan seputar pengaduan-pengaduan rutin pelanggan yang ada di Dinas Kominfo Provinsi NTT seperti permintaan penaikan daya, perbaikan, maupun ketika terjadi pemadaman bergilir.
“Semoga, hari ini, pengetahuan tentang bagaimana pemanfaatan listrik yang baik dapat kita terima bersama-sama,” pungkasnya.
Dalam kesempatan sosialisasi, Tim PLN ULP Kupang menjelaskan sejumlah fitur yang ada di aplikasi “PLN Mobile”, serta meminta para peserta sosialisasi untuk langsung mengunduh aplikasi tersebut. Aplikasi “PLN Mobile” tersedia di Google Play dan App Store. Tim PLN menegaskan bahwa semua pengaduan ke PLN hari ini dilakukan melalui “PLN Mobile”.
Pertama kali mengunduh “PLN Mobile”, pelanggan PLN akan diminta untuk memasukkan nomor HP sebagai sarana penerimaan OTP. Selanjutnya, pelanggan akan diminta memasukkan nama lengkap dan surel. Setelah itu, aplikasi dapat langsung bisa diakses.
Aplikasi “PLN Mobile” dilengkapi dengan empat menu ekosistem untuk membuat pengalaman pelanggan menjadi lebih menarik. Ada menu “Kelistrikan” yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pemasangan baru, memilih variasi daya dan metode pembayaran, serta penambahan daya. Ada pula fitur “Penyambungan Sementara” untuk meningkatkan daya secara sementara ketika mengadakan acara besar di rumah.
Menu ekosistem kedua adalah “Internet”. Pada menu ini, pelanggan bisa memilih layanan internet yang ingin digunakan, mengecek jangkauan ketersediaan internet PLN di daerahnya, serta mencari produk-produk elektronik yang disediakan aplikasi.
Menu ekosistem ketiga adalah “ListriQu”, yang dapat digunakan untuk melakukan pengaduan gangguan instalasi listrik milik pelanggan. Menu ekosistem terakhir adalah “Electric Vehicle”, untuk mempermudah para pemilik kendaraan listrik dalam mencari stasiun pengisian daya terdekat, manfaat pengisian daya di rumah, hingga keamanan transaksi di lokapasar.
Sosialisasi dilanjutkan dengan demonstrasi pemanfaatan peralatan masak listrik seperti kompor induksi dan air fryer, serta penyerahan cenderamata dari pihak PLN kepada Dinas Kominfo Provinsi NTT. Sosialisasi ditutup dengan foto bersama.
Sosialisasi aplikasi “PLN Mobile” adalah satu dari dua kegiatan sosialisasi yang diagendakan pada Jumat berdasarkan Nota Dinas nomor 000.9.3/053/KOMINFO1.3 tentang undangan Sosialisasi Electrifying Lifestyle dan PLN Mobile serta Sosialisasi Aktivasi Mobile Banking dari Bank NTT.
Dalam Sosialisasi Aktivasi Aplikasi Mobile Banking “Be Pung Mobile” dari Bank NTT, selain melayani aktivasi aplikasi mobile banking, lima orang perwakilan dari Bank NTT juga menerima pengaduan terkait aplikasi mobile banking, kartu ATM yang terblokir, serta layanan penggantian kartu ATM yang rusak.
Penulis: Mario F. Lawi (Pranata Humas Dinas Kominfo Provinsi NTT)
Dokumentasi Foto oleh Mario F. Lawi
Editor: Lusia F. Tiwe, ST (Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi NTT)